May 20, 2011

kopi darat

Kuliah sudah dimulai, perjalanan sudah terbentang luas menunggu untuk dilalui hingga akhir. Pasti ada yang baru, meski hampir semua teman lama masih akan menjalani arah yang sama denganku. Mengingat mata pelajaran yang lebih banyak dikuasai bidang Information Technology, sepertinya aku akan berkali-kali bertemu dengan dosen dan mahasiswa gabungan dari fakultas IT. Dari empat subject yang terdaftar secara otomatis di halaman portal student hanya ada satu subject pokok dari fakultasku, research methodology. Tiga lainya adalah network basic, e-payment system, dan management information system. Sungguh menantang untuk melihat hasil akhir dari semua perjalanan yang baru akan dimulai ini.

Semuanya masih sama, tak ada perubahan besar dalam kegiatan belajar kali ini. Mungkin hanya tata letak proyektor dan meja tempat dosen meletakkan laptop dan barang bawaanya.

Setelah membaca doa iftitah tanda dimulainya kelas hari ini, sang dosen yang pertama kali masuk kemudian memperkenalkan diri mulai dari nama, nomer telpon, email, nomer ruangan dan yang tak kalah penting group facebook. Begitulah. Hampir semua dosen dari fakultas IT selalu mempersiapkan group facebook untuk semua mahasiswanya agar komunikasi bisa terjalin lebih sering. Segala informasi bisa didapat di sana, tugas dan pengumpulan terakhir, atau pertanyaan yang tidak dimengerti oleh sebagian mahasiswa bisa langsung dijawab oleh mahasiswa yang lainya atau langsung dari dosen.

Walau sebenarnya kampus sudah menyediakan aplikasi dan forum resmi untuk para mahasiswa dan dosen untuk memberi semacam info tugas, lengkap dengan tempat pengumpulan tugas secara online, tetap saja group facebook lebih aktif. Hasilnya group facebook yang disediakan dosen tadi benar-benar menjadi tempat paling nyaman untuk santai menghabiskan waktu.

Pembahasan tentang pelajaran dan lain-lain berlangsung tak kenal tempat dan waktu, dunia nyata dan maya telah menyatu menjadi sebuah kewajiban untuk terus terjalin semampunya. Mengingat banyaknya jumlah mahasiswa yang tak mungkin dikenal semuanya di dunia nyata, facebook menjadi media perkenalan online yang dapat menjadikan pertemuan lebih cepat dan mudah. Kami  memiliki waktu begitu lapang bersama, perkenalanpun menjadi wajib rasanya.

Setelah berkenalan online, biasanya orang-orang akan mengesahkan perkenalanya di kelas, atau di kantin sebelah danau. (kopi darat...haha).

Dalam hidup, kadang kita lebih sering membahas hal-hal tak penting untuk mewarnai hari. Dan kemudian menjadikanya seakan lebih berarti dari hal wajib.

No comments:

Post a Comment